Akibat Salah Jurusan

Belum lama ini saya bertemu dengan beberapa orang. Mereka tahu jika saya psikolog pendidikan dan memiliki panggilan hidup untuk membantu para generasi muda  memahami passion atau bakat yang dimilki. Oleh karena itu mereka pun curhat kepada saya. Intinya mereka adalah termasuk orang yang salah jurusan kuliah, sehingga  sekarang merasa menyesal.
Salah satunya pria dewasa muda. Saat ini ia bekerja sampingan dengan menerima pesanan desain dari orang-orang yang dikenalnya. Hal ini dilakukan karena ia baru meyadari bahwa sebenarnya ia berminat pada bidang desain. Namun karena waktu kuliah dulu ia tidak mengambil jurusan yang berhubungan degan desain, maka kreatifitas dan ilmu nya terbatas. Ia tidak memiliki landasan pengetahuan yang dapat mengembangkan kreatifitasnya, sehingga hasil desainnya standar dan kurang bervariasi, “feelnya ga dapet” ujarnya.Tapi di satu sisi ia ingin tetap mempertahankan pekerjaan sampingannya itu. Maka terjadilah dilema…..
Lalu orang yang satu lagi adalah adalah seorang wanita dewasa. Waktu kuliah dulu ia mengambil jurusan bisnis admnistrasi. Namun seiring berjalannya waktu ia menyadari bahwa minatnya bukan di bidang bisnis, melainkan seni. Akibatnya ilmu administrasi yang telah ia pelajari bertahun-tahun tidak terpakai, dan ia merasa tidak puas dengan hal tersebut. “Sepertinya ada sesuatu yang tidak teraktualisasi”, ujarnya. Dari dulu ia senang dengan yang berbau seni, dan keindahan, tapi sampai sekarang ia belum tau jenis seni yang mana dan merupakan bakatnya. “jadi sekarang saya suka bikin-bikin segala kreasi, tapi kok ga ada yang benar-benar menghasilkan ya?”. Ia merasa bingung, menyesal, dan kurang puas terhadap dirinya. Padahal jika dulu mengambil jurusan yang tepat, mungkin sekarang ia sudah sukses berkarir di bidang tersebut.
So, bagaimana dengan kamu, apakah kamu ingin menyesal di masa mendatang, karena tidak bisa menggunakan bakat dan minat mu untuk meraih kebahagiaan dan kepuasan diri seperti mereka? Atau kamu ingin meraih sukses melalui karir? Pengambilan keputusan jurusan kuliah tidak sesederhana yang kita pikirkan, karena efeknya besar terhadap masa depan.  Jadi sebelum terlambat, pikirkan dengan baik dan jangan sampai salah jurusan. Jika memerlukan bantuan dalam mencari tahu bakat minatmu, dan jurusan kulian, atau informasi terkait lainnya, kamu bisa menghubungi psikolog pendidikan yang update mengenai pendidikan tingkat lanjut masa kini.
- See more at: http://tesbakatindonesia.com/akibat-salah-jurusan-kuliah/#sthash.FJUV2XcP.dpuf

Post a Comment

Previous Post Next Post