Penjelasan Siklus Air di Alam Secara Lengkap

Selain siklus nitrogen, di sisi lain ada yang disebut sebagai daur air (siklus hidrologi) yang merupakan salah satu faktor pendukung dalam keberlangsungan hidup hutan hujan tropik. Dimana air di sini sebagai nutrisi penting bagi keberlangsungan pepohonan. Jadi untuk daur air ini awalnya atmosfer berada dalam bentuk uap air. Uap air berasal dari air di daratan dan laut yang menguap karena panas cahaya matahari. Sebagian besar uap air di atmosfer berasal dari laut karena laut mencapai tigaperempat luas permukaan bumi.

Uap air di atmosfer terkondensasi menjadi awan yang turun ke daratan dan laut dalam bentuk hujan. Air hujan di daratan masuk ke dalam tanah membentuk air permukaan tanah dan air tanah. Tumbuhan darat pada hutan hujan tropic menyerap air yang ada di dalam tanah. Dalam tubuh tumbuhan air mengalir melalui suatu pembuluh. Kemudian melalui tranpirasi uap air dilepaskan oleh tumbuhan ke atmosfer. Transpirasi oleh tumbuhan mencakup 90% penguapan pada ekosistem darat. Hewan memperoleh air langsung dari air permukaan serta dari tumbuhan dan hewan yang dimakan, sedangkan manusia menggunakan sekitar seperempat air tanah.

Sebagian air keluar dari tubuh hewan dan manusia sebagai urin dan keringat. Air tanah dan air permukaan sebagian mengalir ke sungai, kemudian ke danau dan ke laut. Siklus ini di sebut siklus panjang. Sedangkan siklus yang dimulai dengan proses transpirasi dan evapotranspirasi dari air yang terdapat di permukaan bumi, lalu diikuti oleh presipitasi atau turunnya air ke permukaan bumi disebut siklus pendek.

Sumber Referensi:

Campbell,Neils dkk. 2002. Biologi Jilid 3. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Hasnunidah, Neni. 2011. Fisiologi Tumbuhan. Bandar Lampung: Universitas

Lampung.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *