Pengertian Fisiologis Tumbuhan Menurut Para Ahli

Pengertian, Arti dan Makna Fisiologi Tumbuhan

Fisiologi Tumbuhan merupakan Ilmu yang mempelajari fungsi tumbuhan: apa yang terjadi pada tumbuhan hingga mereka itu hidup. Tumbuhan bukanlah benda mati, meskipun kadang – kadang nampaknya demikian .

Fisiologi berasal dari bahasa latin, physis berarti alam (nature) dan logos berarti ilmu. Jadi fisiologi tumbuhan diartikan sebagai ilmu tentang alam tumbuhan. Pengertian tersebut merupakan pengertian yang sangat luas tentang segala sesuatu yang berkaitan dengan masalah botani, padahal yang dipelajari dalam fisiologi tumbuhan lebih ditujukan pada berbagai mekanisme atau proses biologis yang terjadi di dalam tumbuhan.

Fisiologi   tumbuhan   berarti   suatu   bidang   ilmu   yang   mengkaji   fenomena-fenomena penting di dalam tumbuhan, meliputi:

  • Aktivitas hidup yang dilakukan oleh tumbuhan.
  • Proses dan fungsi yang menyangkut tanggapan tumbuhan terhadap perubahan lingkungan, dan pertumbuhan serta perkembangannya sebagai hasil dari respon tersebut.
  • Fungsi setiap jenis organ, jaringan, sel, dan organel sel dalam tumbuhan serta fungsi setiap komponen kimia (ion, molekul atau makromolekul).
fisiologi tumbuhan
Pohon jeruk mempunyai fisiologi di dalam tubuhnya

Tumbuhan adalah tonggak dari sebagian besar ekosistem terestrial. Kajian mengenai tumbuhan didorong oleh kombinasi keingintahuan dan kebutuhan. Keingintahuan mengenai bagaimana tumbuhan bekerja dan kebutuhan menerapkan pengetahuan ini secara cermat untuk menghasilkan makanan, pakaian, dan perumahan bagi populasi manusia yang berkembang. Beberapa hal penting tentang tumbuhan adalah sebagai berikut:

  1. Sebagai mahluk hidup, tumbuhan menunjukkan sejumlah aktivitas, yaitu:
  2. Bertukar senyawa   kimia   dengan   lingkungannya,   tanpa   banyak   kehilangan senyawa kimia penyusun tubuhnya.
  3. Menyerap dan menggunakan energi dari luar.
  4. Mensintesis bahan kimia yang diperlukan serta mengganti bahan yang hilang ke lingkungan atau rusak
  5. Sebagian selnya megadakan pembelahan atau penggabungan, kalau tidak akan mati.
  6. Beberapa sifat khas tumbuhan adalah melakukan proses fiisiologi yang berbeda dengan mahluk lain, misalnya:
  7. Merupakan mahluk autotrof dalam metabolisme karbon.
  8. Tidak dapat berpindah dan hanya mencapai daerah yang sempit, sehingga hanya mampu menggunakan sebagian kecil lingkungan.
  9. Sangat tergantung kepada bahan mineral dari tanah, sehingga kebutuhan hara tidak banyak jenisnya.
  10. Seluruh fungsi tumbuhan dapat dipahami dengan dasar prinsip fisika dan kimia. Metode-metode yang digunakan dalam fisiologi tumbuhan umumnya diturunkan dari kima dan fisika. Selain itu, anatomi tumbuhan juga dipakai dalam mernpelajari fisiologi tumbuhan. Sekarang ini, biologi molekuler mulai merevolusi kajian tentang tumbuhan, contohnya para ahli tumbuhan telah menemukan beberapa gen yang mengontroi perkembangan bunga dan telah mempelajari fungsi-fungsi gen tersebut.
  11. Pada organisme hidup, struktur sangat erat kaitannya dengan fungsi. Takkan ada fungsi kehidupan tanpa adanya struktur gen, enzim, molekul lain, organel, sel, jaringan, dan organ. Tumbuhan adalah struktur yang tumbuh sendiri. Melalui proses perkembangan yang meliputi: pembelahan sel, pembesaran sel, serta spesialisasi sel atau diferensiasi, suatu tumbuhan bermula dari 1 sel tunggal kemudian menjadi organisme multiseluler. Selanjutnya, tumbuhan terus tumbuh dan berkembang sepanjang hidupnya    dengan    adanya    daerah    embrionik (meristem).
  12. Tumbuhan tumbuh dan berkembang di lingkungan dan berinteraksi dengan lingkungan melalui banyak cara, misainya: perkembangan tumbuhan dipengaruhi oleh suhu, cahaya, gravitasi, angin, dan kelembaban.

 

Sumber Referensi:

Agustriana, Rochmah dan Tunjung Tripeni. 2006. Buku Ajar. Fisiologi

      Tumbuhan I. Universitas Lampung : Bandar Lampung

Campbell, Reece – Mitchell. 2002. Biologi. Erlangga : Jakarta

Hasnunidah, Neni. 2010. Buku Ajar. Fisiologi Tumbuhan. Universitas Lampung :

Bandar Lampung

Lakitan, Benyamin. 2001. Dasar-Dasar Fisiologi Tumbuhan. PT. Raja Grafindo

Persada : Jakarta

Salisbury, F.B dan C.W. Ross. 1995. Fisiologi Tumbuhan. ITB Bandung : Bandung

Sutrian, Yayan. 1992. Pengantar Anatomi Tumbuh-Tumbuhan. Tentang Sel &

      Jaringan. Rineka Cipta : Jakarta

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *