Hubungan Fisiologi Tumbuhan dengan Cabang Botani Lainnya

Fisiologi Tumbuhan merupakan salah satu cabang ilmu Biologi yang memiliki hubungan yang erat hubungannya dengan banyak bidang botani terapan seperti : Agronomi, Hortikultura, Florikultura, Kehutanan, Pertamanan, Pemuliaan Tanaman, Patologi tumbuhan, Farmakologi, dan lain-ain. Tugas utama di masa datang adalah bagaimana usaha kita meningkatkan pangan, makanan ternak, serat, produksi kayu, dan lain-lain yang menyangkut kebutuhan hajat hidup manusia.

Salah satu cabang Ilmu Biologi yang erat hubungannya dengan Fisiologi Tumbuhan adalah Ilmu anatomi tumbuhan. Misalnya sehubungan dengan pengertian tentang ultrastruktur membran dan organel-organel sel. Pemahaman tentang ultrastruktur dan senyawa penyusun membran thilakoid pada kloroplas mempermudah untuk menerangkan proses perpindahan elektron pada fase cahaya fotosintesis.

Dari uraian diatas, jelas terlihat keterkaitan antar fisiologi tumbuhan dengan cabang-cabang botani lainnya. Selain itu fisiologi tumbuhan akan sangat erat kaitannya dengan ilmu-ilmu dasar yang mendukung, seperti yang telah disinggung terdahulu, yakni dengan ilmu kimia dan fisika.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *