Cara Mudah Menghilangkan Bau Tak Sedap Pada Telapak Kaki

Posted on
Telapak kaki merupakan organ penting yang langsung bersentuhan dengan tanah, sepatu, dan benda-benda lainnya. Saat beraktivitas di luar rumah atau di dalam rumah terkadang kita menggunakan alas kaki (sandal) atau sepatu lengkap dengan kaus kaki.

Tak jarang jika telapak kaki sebagian orang mudah berkeringat dan mengeluarkan bau tak sedap. Akibat bau tak sedap tersebut membuat kaus kaki yang dipakai menjadi terkontaminasi dengan bau tak sedap yang dikeluarkan oleh telapak kaki yang tidak bersih. Bau tak sedap pada telapak kaki biasanya muncul akibat adanya aktivitas bakteri patogen yang bercampur dengan keringat dan bersifat asam.

Ada beberapa tips dan cara mudah menghilangkan bau tak sedap pada telapak kaki. Berikut caranya:

1. Biasakan sesekali anda “nyeker” atau tidak menggunakan alas kaki/sandal saat keluar rumah; dengan cara seperti ini, maka secara berangsur-angsur bau telapak kaki yang tak sedap akan hilang, dan kaus kaki kerja anda tidak bau ketika dikenakan dengan sepatu. Hal ini dapat terjadi karena, tanah adalah jenis alkalis-basa yang baik untuk meredam keringat yang asam. Ingat prinsip kimia yaitu ASAM+BASA = GARAM+AIR (NETRAL). Jadi jangan gengsi dan malu dengan sesekali anda menyeker saat keluar rumah?

2. Rendam kaki dengan air kencur. Air kencur merupakan air yang ditambahkan dengan ekstrak alami tanaman obat rumah yaitu kencur. Kencur sudah tidak asing lagi di telinga orang Indonesia. Selain bisa ditambahkan sebagai bumbu masakan, kencur juga terbukti ampuh untuk menghilangkan bau tak sedap pada telapak kaki. Caranya: Ambil kira-kira 1 genggam kencur (3 buah kencur ukuran jempol tangan), kemudian cuci bersih dan lalu tumbuk/dibuat jus. Setelah itu hasil ekstrak/jus kencur dicampurkan dengan 400ml (sekitar 2 gelas air hangat) lalu diaduk hingga merata. Lalu rendamlah kaki anda ketika hendak beraktivitas di luar rumah dan malam sebelum tidur. Kemudian lihat hasilnya pada 1 Minggu setelah penggunaan rutin. Maka kaki anda dijamin akan terbebas dari bau tak sedap. Silahkan anda coba ! Ingat perendaman kaki selama 15-30 Menit, bisa dilakukan juga pada waktu senggang/santai, saat menonton TV, membaca koran, dan aktivitas lainnya.

3. Gunakan kunyit dan daun jambu biji muda. Kunyit dan daun jambu biji muda juga terbukti sangat ampuh untuk mencegah dan menghilangkan bau tak sedap pada telapak kaki. Cara penggunaannya hampir sama dengan point 2 di atas. Caranya: Ambil kira-kira 1 genggam kunyit (3 buah kunyit ukuran jempol
tangan), kemudian cuci bersih kunyit dan daun jambu bijinya dan lalu tumbuk/dibuat jus. Setelah itu
hasil ekstrak/jus kunyit+daun jambu biji tadi dicampurkan dengan 400ml (sekitar 2 gelas air
hangat) lalu diaduk hingga merata. Lalu rendamlah kaki anda ketika
hendak beraktivitas seharian ke luar rumah dan rendam kembali kedua telapak kaki anda pada malam sebelum tidur. Kemudian lihat hasilnya
pada 1 Minggu setelah penggunaan rutin. Maka kaki anda dijamin akan
terbebas dari bau tak sedap. Silahkan anda coba ! Ingat perendaman kaki selama 15-30 Menit, bisa dilakukan juga pada
waktu senggang/santai, saat menonton TV, membaca koran, dan aktivitas
lainnya.

Nah itu saja yah, tiga cara alami untuk menghilangkan bau tak sedap pada telapak kaki. Sudah saya praktekkan. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *