Cara Memperkuat Daya Tahan Tubuh Terhadap Penyakit

Memiliki kualitas hidup sehat menjadi dambaan setiap orang. Kehidupan yang sehat, nyaman, dan damai dapat menghindari seseorang dari stress, penyakit degeneratif seperti jantung koroner, strok, hipertensi, arteriosclerosis, dan lain sebagainya. Untuk mendapatkan hidup sehat, kebanyakan orang melakukan beberapa aktivitas yang dapat menghilangkan kejenuhan, stress kerja, atau untuk mereffress kondisi fisik agar tetap sehat optimal. Jika aktivitas kehidupan dilakukan secara sehat maka otomatis daya tahan tubuh terhadap penyakit akan semakin kuat, sehingga apabila ada bakteri asing,virus, jamur, atau patogen asing yang hendak menyerang tubuh kita maka dengan sigapnya si antibodi akan memakan bibit-bibit penyakit. Alhasil, tubuh kita terbebas dari serangan penyakit berbahaya, termasuk kanker.

Ada beberapa cara untuk memperkuat daya tahan tubuh terhadap penyakit. Berikut ini tips dan triknya:

1. Jika anda punya momongan (anak usia 3-10 tahun) jangan sekali-kali anda memanjakannya dengan hanya bermain di dalam rumah/di atas lantai keramik saja. Ahli mikrobiologi menyakini bahwa sebaiknya anak usia 3-10 tahun dibiarkan untuk bermain di atas tanah becek/lembab, di air sungai, air sawah, dan sebagainya (pokoknya di daerah yang agak kotor). Dengan begitu, pembentukkan antibodi di usia dini sudah terbentuk dan dikenali, sehingga jika anak anda sudah berusia sekitar 20 tahunan ke atas akan terbebas dari berbagai macam penyakit yang menyerang tubuh, sebab antibodi sudah mengenali patogen asing sebelumnya, dan anak terbebas penyakit apapun termasuk dermatitis, kudis, serta penyakit kulit lainnya.

2. Rutin berolahraga; aktivitas olahraga menjadi hal penting dalam kehidupan seseorang. Olahraga merupakan hal yang menyenangkan apalagi dilakukan secara kooperatif/bersama-sama teman, keluarga, atau orang tercinta. Olahraga akan memperkuat daya tahan tubuh terhadap penyakit, membakar lemak berlebih, serta menghindari penyakit degeneratif terutama jantung koroner dan strok.

3. Hindari makanan dan minuman cepat saji; sekarang sangat marak makanan dan minuman cepat saji yang dijual di supermarket/pasar. Sebaiknya, anda kurangi menu makanan instan misalnya ciki, mie instan, bakso, dan menu makanan mengandung lemak tinggi dan banyak mengandung MSG (Monosodium Glutamate/penyedap rasa makanan). Menghindari juga minuman bersoda dan segera ganti dengan minuman sehat yaitu air mineral/air putih.

4. Konsumsi menu makanan seimbang; menu makanan seimbang yang kaya akan vitamin, mineral, karbohidrat, lemak, protein. Terutama perbanyak mengonsumsi sayuran hijau dan buah-buah segar.

5. Menghindari makan di sembarang tempat; pilihlah tempat makan yang sudah terjamin kebersihannya, sebab bagaimanapun juga makanan yang masuk ke tubuh harus bersih, higienis dan mengandung kaya gizi untuk menunjang produktivitas kerja.

6. Hindari pola hidup tidak sehat seperti merokok, minum alkohol, narkoba, serta kehidupan seks bebas yang membahayakan bagi sistem imunitas tubuh (terutama menghindari penyakit AIDS/HIV yang membahayakan sistem pertahanan tubuh). Carilah lingkungan bergaul yang kondusif dan mendukung aktivitas positif kita, misalnya: olahraga badminton, keterampilan seni, bermain musik, mengaji, dan sebagainya.

Semoga informasi tentang tips “cara memperkuat daya tahan tubuh terhadap penyakit” bermanfaat untuk anda.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *