Cara Mudah Mempertahankan Berat Badan

 Berikut ini kategori berat badan (gambar 1):

Berikut ini contoh cara menghitung berat badan ideal anda (gambar 2):

Caranya: Setelah anda menghitung berat badan ideal anda sesuai rumus pada gambar 2, silahkan cocokkanlah hasil perhitungan dengan kriteria berat badan anda pada gambar 1.

_____________________________________________________________________________

Untuk menghindari kegemukan dan berat badan yang tidak ideal, alangkah baiknya setiap orang yang sudah memiliki berat badan ideal untuk mempertahankannya. Ada beberapa cara mudah mempertahankan berat badan, berikut ini tipsnya:

1. Makan tepat waktu; makanlah sesuai jadwal waktu makan orang Indonesia (pagi/sarapan,makan siang, dan makan malam); jika ngemil menjadi kebiasaan, usahakan hindari menu makanan yang terlalu banyak lemak serta kolesterol tinggi seperti makanan berminyak, kuah santan, goreng-gorengan serta makanan sampah (junk food). Lebih baik konsumsi buah dan air putih cukup tiap sesuai makan;

2. Olahraga teratur; Pilihlah olahraga kesukaan anda. Misal: jika anda hobi bermain futsal, maka bisa manfaatkan olahraga ini untuk mempertahankan berat badan anda agar tidak berlebih. Kalau saya pribadi rutin bermain badminton 2 kali dalam seminggu, sehingga berat badan saya ideal (64kg) dengan tinggi badan (171cm).

3. Setelah olahraga biasakan makan buah; kalo saya pribadi sering mengonsumsi buah pisang. Seperti yang kita ketahui bahwa para atlet kelas dunia sebelum mereka tanding/setelahnya pasti mereka mengonsumsi buah, entah itu buah apel, jeruk, atau pisang. Namun terbukti bahwa buah pisang bisa menjadi alternatif buah penurun berat badan. Maka, imbangi olahraga dengan konsumsi buah pisang.

4. Hindari pola hidup tidak sehat; seperti merokok, tidak meminum alkohol/miras, tidak mengonsumsi narkoba dan zat adiktif lainnya. Sebab, kandungan di dalam alkohol mampu membuat badan menjadi tidak ideal, perut menjadi buncit, serta memberi efek buruk bagi kesehatan otot di seluruh badan.

Demikian tips sehat “Cara Mudah Mempertahankan Berat Badan”. Jika anda menyukai artikel ini silahkan di share ke rekan anda yang lainnya. Terimakasih.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *