Cara Ampuh Mencegah Penyakit Demam Berdarah (DBD) di Musim Hujan

Sumber gambar nyamuk Aedes aegypti: demamberdarah.org

Musim hujan memberikan peluang besar kepada para jintik-jintik nyamuk tumbuh dan berkembang dengan baik. Terutama pertumbuhan dan perkembangan jintik-jintik nyamuk yang akan menjadi nyamuk penyebab penyakit demam berdarah (DBD). Untuk mencegah penyakit DBD tentu dimulai dari diri kita sendiri kemudian diaplikasikan dengan menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal. Berikut ini beberapa tips dan trik pentingnya mencegah penyakit DBD (Demam Berdarah Dengue) yang disebabkan oleh nyamuk Aedes aegypti. Ada kata bijak yang mengatakan “lebih baik mencegah daripada mengobati”. Tentu untuk mencegah diri penular dan serangan penyakit DBD ini, alangkah baiknya rekan-rekan bisa melakukan hal-hal sederhana berikut ini:

1. Membuang sampah pada tempatnya; sebaiknya untuk mencegah penularan penyakit DBD ini anda menerapkan pola kasih sayang kepada lingkungan, termasuk tidak membuang sampah sembarangan di genangan air/aliran sungai, dan got/selokan. Sebab, sampah-sampah yang tercampur dengan air (terutama sampah organik) dapat mudah membusuk dan berbau tidak sedap. Sehingga tidak menutup kemungkinan nyamuk Aedes aegypti dapat berkembangbiak dengan baik.

2. Menyingkirkan genangan air yang ada di bak mandi yang tidak terpakai. Termasuk memastikan tidak adanya genangan air di dalam botol-botol bekas di sekitar tempat tinggal. Jika ada genangan air yang berada di kolam, bak mandi bekas, atau botol-botol yang tak terpakai, alangkah baiknya segera disingkirkan genangan air tersebut untuk memutus mata rantai perkembangan nyamuk penyebab DBD ini.

3. Menjaga kebersihan di dalam rumah penting untuk mencegah perkembangan nyamuk; termasuk membersihkan ruang-ruang gelap di dalam rumah (gudang), membersihkan tempat tidur, taman-taman, memastikan tidak adanya pakaian yang tergantung terlalu lama di dalam ruangan, dan lain sebagainya

4. Menjaga kebersihan diri; mandi rutin minimal 2 kali dalam sehari, menjaga kesehatan kulit dan anggota tubuh lainnya.

5. Mengonsumsi menu makanan bergizi seimbang. Menu makanan bergizi seimbang mampu meningkatkan pertahanan sistem imunitas tubuh terhadap patogen asing dari luar tubuh, sehingga jika ada antigen asing dari luar tubuh maka antibodi dapat bekerja secara baik. Terutama perbanyaklah mengonsumsi buah yang berwarna merah dan sayur yang banyak mengandung vitamin C, Kalsium, Kalium, Fe (Zat besi) pada bayam. Sebab, di dalam sel darah merah (eritrosit) kita sangat membutuhkan zat gizi seperti Fe, Kalium (K), Kalsium (Ca) untuk pembekuan darah, dan fungsi biologis tubuh lainnya.

6. Istirahat cukup, olahraga dan konsumsi air putih rutin tiap hari (8-12 gelas/hari).

Demikian info sehat “Cara Ampuh Mencegah Penyakit Demam Berdarah (DBD) di Musim Hujan”. Semoga bermanfaat. Mari terus menjaga kebersihan diri dan lingkungan. Salam sehat untuk Indonesia sehat.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *