11 Manfaat Sarapan Pagi Bagi Kesehatan Tubuh

Sebelum berangkat bekerja, dinas, ke kampus, atau sekolah alangkah baiknya sarapan pagi terlebih dahulu. Inilah anjuran yang sangat bagus untuk memulai kehidupan yang sehat dan berkualitas. Terkadang banyak orang yang meremehkan sarapan pagi, sehingga banyak diantara mereka yang menderita berbagai macam penyakit, semisal penyakit maag, migren, sakit kepala, dan sebagainya.

Menjaga kesehatan adalah aset berharga untuk masa depan. Kesehatan juga dianggap sebagai investasi di masa yang akan datang. Kalau tidak mau memulai kesehatan dari sekarang, lantas kapan lagi?

Saya sendiri selama ini tidak pernah ketinggalan sarapan pagi, dan saya tidak pernah sakit-sakitan (bahkan saya tidak pernah masuk dan dirawat ke rumah sakit akibat kesehatan menurun,hingga saat ini). Trik saya adalah menjaga sarapan pagi dan menjadi kunci hidup sehat. Baiklah, saya akan menjelaskan 13 manfaat sarapan pagi bagi kesehatan tubuh.

1. Melancarkan saluran pencernaan
Sarapan pagi mampu melancarkan saluran pencernaan, sebab di pagi itulah makanan pertama masuk ke dalam lambung dan diolah sedemikian rupa, hingga masuk ke pembuluh darah dan dihasilkan energi untuk bergerak, berbicara, berpikir, dan bertingkahlaku. Seandainya anda tidak sarapan pagi, pastilah energi anda tidak tersuplai secara baik, tentu anda akan mudah loyo, terlihat tidak semangat.

2. Menghindari flu dan batuk
Sarapan pagi mampu menghindari dari penyakit flu dan batuk. Sebab, sarapan pagi mampu meningkatkan sistem imunitas tubuh dan pembentukan antibodi pada sel T-helper pada sel darah putih. Sehingga berbagai patogen asing, virus, bakteri dapat dengan mudah dihancurkan jika kondisi imunitas tubuh kita baik, termasuk menangkal virus penyebab influenza atau batuk.

3. Meningkatkan sistem imunitas tubuh
Tubuh yang sehat dan bebas dari penyakit adalah indikator bahwa sistem imunitas/pertahanan tubuh terhadap penyakit sangat bagus, sehingga jika ada antigen asing yang masuk ke dalam tubuh, maka dengan mudah sel antibodi pada sel T helper darah putih akan memfagositosis/memakan antigen asing tersebut, sehingga tubuh terbebas dari berbagai macam penyakit. Ini tentunya dimulai dari kebiasaan sarapan pagi.

4. Menghindari sakit kepala, termasuk migren
Migren/sakit kepala sebelah terjadi akibat asupan oksigen ke otak tidak berjalan secara proporsional, sehingga akan membuat produktivitas kerja terganggu, termasuk konsentrasi dalam berpikir. Migren terjadi akibat tidak rutin menjalankan sarapan pagi, juga tidak rutin mengonsumsi makanan mengandung vitamin B dan vitamin C.

5. Memberikan semangat dan meningkatkan produktivitas bekerja
Sarapan pagi mampu meningkatkan semangat dan produktivitas bekerja.  Sebab, sarapan pagi mampu mensuplai energi lebih banyak dari makanan yang dikonsumsi. Gunakan menu makanan seimbang saat sarapan untuk memulai kinerja yang efektif dan profesional

6. Menjamin kesehatan organ pencernaan
Sarapan pagi mampu menjaga kesehatan organ pencernaan, melancarkan saluran pencernaan, dan membuat kinerja kelenjar pencernaan termasuk organ pankreas, hati untuk bekerja secara periodik. Selain ini, mampu menjaga kadar keasaman lambung agar tetap stabil (supaya tidak terserang maag, mulas, mual).

7. Mencegah nerveous/gemetar,gugup
Sarapan pagi menjamin seseorang berada dalam kondisi emosional yang bagus. Sehingga jika emosional bagus, otomatis psikispun bagus pula. Hal ini bisa didapat dengan mengonsumsi makanan dan minuman saat sarapan pagi

8. Menstabilkan emosional
Pemarah, mudah ngambek, bad mood, dan sebagainya adalah ciri-ciri bahwa kadar emosional seseorang sedang menurun. Keadaan ini dapat dicegah dengan memulai sarapan pagi sebagai bentuk suplai gizi yang akan memperkuat kestabilian emosional, sehingga pikiran maupun tindakan menjadi terkontrol, tenang dan tidak musah gelisah.

9. Mencegah kepikunan dan mempertajam daya ingat
Sari-sari makanan/nutrisi akan diedarkan melalui pembuluh darah ke seluruh tubuh, tentu melewati otak bukan. Oleh sebab itu, mulailah hari-hari anda dengan sarapan pagi agar tingkat kemampuan berpikir anda menjadi jernih, tidak pikun, dan daya ingat anda menjadi tajam

10.Mempertajam Konsentrasi
Kebanyak orang ketika tidak konsentrasi dalam bekerja diakibatkan karena kurangnya asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Dan ada baiknya anda yang mempunyai tugas/pekerjaan yang membutuhkan konsentrasi lebih, imbangi dengan menu makanan seimbang, termasuk jangan tinggalkan sarapan pagi.

11. Menghindari stress kerja
Stress kerja terjadi akibat penurunan sistem imunitas tubuh, serta konsentrasi yang tidak memadai terhadap suatu pekerjaan, sehingga jika ini dibiarkan akan berakibat produktivitas kerja menurun, dan seseorang bisa dalam keadaan dilema, kurang nyaman, dan merasa tertekan dengan pekerjaan yang mambutuhkan limit waktu panjang. Maka solusinya, jangan tinggalkan sarapan pagi serta makan siang maupun malam. Konsumsilah makanan multivitamin alami dari buah dan sayur, serta biji-bijian.

Demikian penjelasan tentang 11 manfaat sarapan pagi bagi kesehatan tubuh. Mari jangan lupa sarapan pagi sebelum memulai pekerjaan. Semoga bermanfaat. Tetap jaga kesehatan diri dan lingkungan.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *