Sungguh Ajaib: Temulawak dan Daun Sambung Nyawa Mampu Turunkan Kadar Kolesterol

Posted on
Sumber gambar: temulawak.org

Kadar kolesterol yang terlalu tinggi dalam darah dapat menimbulkan berbagai macam penyakit, diantaranya jantung koroner, arteriosclerosis dan stroke. WHO menyebutkan, 20% penderita stroke disebabkan oleh kelebihan kolesterol, dan 50% kasus jantung koroner dikarenakan kolesterol tinggi. Kolesterol sebenarnya adalah zat yang dibutuhkan tubuh untuk pengangkutan lemak dan pembentukan hormon. Namun demikian, jumlah kolesterol yang berlebihan akan menghambat peredaran darah dan menjadi gerbang berbagai penyakit.

Prof. Dr. Zullies Ikawati, Apt., Dosen Fakultas Farmasi UGM bersama timnya menemukan formula baru untuk mengurangi kolesterol dalam tubuh. Formula ini merupakan kombinasi hasil daun sambung nyawa dengan temulawak. Menurutnya, temulawak sendiri diketahui mampu menurunkan kadar kolesterol, sementara daun sambung nyawa bisa meningkatkan High-density lipoprotein (HDL) dan menurunkan Low-density lipoprotein (LDL). Temulawak juga mampu meningkatkan nafsu makan, memberikan hangat pada lambung, mengobati maag dan penyakit pencernaan lainnya. 

Gynura procumbens, nama latin dari sambung nyawa dipilih sebagai bahan baku produk herbal  selain karena kandungan senyawa flavonoid yang efektif menurunkan kolesterol, juga karena tanamannya mudah tumbuh di Indonesia. Seperti diketahui, masyarakat sudah banyak menggunakan sambung nyawa untuk dijadikan lalapan. Artinya masyarakat sudah familiar dengan tanaman ini.

Penelitian dengan menggunakan kedua tumbuhan ini sedang di uji coba oleh Prof. Dr. Zullies Ikawati, Apt., sebagai bentuk inisiatifnya dalam dunia farmasi dan kesehatan. Tidak ada salahnya juga jika anda mencoba untuk membudidayakan tanaman obat ini di lingkungan sekitar anda. Selanjutnya, anda dapat mengemas tanaman obat ini untuk kebutuhan konsumsi rumah tangga anda ketika terjadi sakit, atau sekedar untuk pencegahan kadar kolesterol tinggi. [Rilis tulisan: Wahid Biyobe]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *