Araucaria cunninghamii, Casuarina equisetifolia, Thuja orientalis, dan Pinus merkusii (Paper Botani Tumbuhan Tinggi)

Posted on

Cemara (Araucaria cunninghamii) merupakan tumbuhan hijau abadi yang sepintas dapat disangka sebagai tusam karena rantingnya yang beruas pada dahan besar kelihatan seperti jarum. Tumbuhan ini berupa pohon, dengan buah mirip runjung kecil serta memiliki banyak saluran resin. Tumbuhan ini dapat berumah satu dan berumah dua. Bunga betinanya nampak seperti berkas rambut, kecil dan kemerah-merahan.

Araucaria cunninghamii memiliki strobilus jantan yang berukuran besar dan terletak di ketiak atau di ujung cabang, sedangkan strobilus betina berada pada cabang yang berukuran pendek. Strobilus jantan mengandung mikrosporofil sedangkan strobilus betinanya menngandung makrosporofil. Setelah penyerbukan, makrosporofil akan membesar, kaku, mengulit atau berkayu, dan runtuh.

Reproduksi Araucaria cunninghamii mengalami penyerbukan dengan didahului dengan pembentukan gametofit betina yang terjadi dalam bakal biji. Di dalam bakal biji terdapat empat makrospora sebagai hasil pembelahan tetrade dari satu sel nuselus, tiga diantaranya mati (tidak berkembang) sedangkan satu sel lainnya………………. (Untuk materi selengkapnya silahkan download pada link dibawah ini)

Silahkan download Disini,Ok?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *